Rabu, 04 April 2018

Penyebab Hasil Warna Cetakan Printer DTG Tidak Sesuai Pada Layar Monitor


Mesin printer dtg sebagai mesin yang digunakan untuk cetak kaos ini, jelas sekali banyak yang mengharapkan hasil yang sempurna dan maksimal. Bagaimana tidak, bahwa mesin printer dtg adalah salah satu mesin yang digunakan sebagai penunjang bisnis yang paling efektif dan efisien.

Namun, pernahkan Anda mengalami hasil warna pada cetakan printer dtg tidak sesuai seperti pada layar monitor Anda? Ada beberapa penyebab yang perlu diketahui seperti berikut ini:


Hasil Nozzle Check Tidak Sempurna
Jika hasil warna pada mesin printer dtg tidak sesuai pada layar monitor, maka perlu dicheck kembali karena hasil nozzle check yang tidak sempurna.

Hal tersebut karena dipengaruhi oleh suhu ruangan yang terlalu panas sehingga dapat menyebabkan mampet dan hasilnya ialah  garis – garis pada nozzle check tidak full. Selain itu terdapat pengaruh dari tinta yang kualitasnya kurang baik.

Kualitas sangat penting untuk dijadikan sebagai cetak gambar printer dtg. Jika tinta yang digunakan tidak dianjurkan untuk penggunaan pada mesin printer dtg, maka yang terjadi ialah hasil warna cetakan tidak sempurna.

Tidak hanya itu saja, tinta yang mudah terpapar oleh sinar matahari juga dapat menghasilkan gumpalan – gumpalan kecil.

Jika hal tersebut telah terjadi, maka solusinya ialah selektif dalam memilih tinta agar dapat menghasilkan warna yang bagus, selain itu juga usahakan bahwa posisi tinta berada dalam suhu dibawah 38 derajat celcius.


Kesalahan Posisi pada Tinta
Kesalahan penempatan atau posisi pada tinta yang kurang tepat ini memiliki kronologi seperti catridge yang seharusnya untuk warna merah misalnya, namun dipasangkan pada bagian warna lain selain warna merah.

Hal tersebut juga dapat menyebabkan hasil warna pada cetakan printer dtg yang tidak sesuai pada layar monitor.

Sehingga terlihat jelas untuk solusinya, harus di pasang secara benar dan di check ulang agar penempatan posisi tinta tidak terjadi kesalahan.


Terjadi Kesalahan pada Format File
Format file yang digunakan untuk cetak kaos menggunakan printer dtg ini juga sangat penting untuk diperhatikan.

Karena dengan menggunakan mesin printer sablon kaos dtg, format yang dianjurkan ialah format png atau jpg.

Dan apabila format file yang digunakan tidak sesuai, maka akan terjadi hasil warna cetakan pada printer dtg tidak sesuai pada layar monitor.

Sehingga solusinya sudah terlihat jelas untuk mengatur format gambar dengan format png atau jpg. Karena dengan format tersebut ialah jenis format yang hampir sempurna diantara yang lainnya.


Kesalahan Settingan pada Software AcroRIP
Settingan pada software AcroRIP juga perlu untuk diperhatikan. Hindari dengan menggunakan settingan yang jauh dari rata – rata warna gambarnya.

Solusinya ialah settingan yang dianjurkan seharusnya dengan menggunakan settingan antara 80 – 100%, maka hasilnya bisa sesuai antara gambar dari layar monitor dan hasil dari printer dtg.


Nah, itulah beberapa penyebab dari hasil warna cetakan printer dtg yang tidak sesuai pada gambar yang terdapat pada layar monitor. Hal tersebut sering dialami oleh para user yang masih pemula, sehingga perlu diketahui penyebabnya. Semoga bermanfat ya,,.



*Untuk info tentang mesin digital bisa menghubungi kami via WA:087851691057 dan email:bengkel.print@yahoo.com








Jual Mesin Cutting Sticker Jinka Di Jogja

Jual Mesin Cutting Sticker Jinka Di Jogja Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Yogyakarta atau yang biasa disebut kota Jogja ...